Massa Pendemo Padati Silang Monas pada Mayday












Jakarta - 1 Mei setiap tahun selalu diperingati sebagai Mayday atau Hari Buruh Sedunia. Tidak hanya di negara lain, di Indonesia setiap tahunnya buruh melakukan aksi unjuk rasa diberbagai tempat di seluruh Indonesia. Di Jakarta sendiri, pusat perhatian pengunjuk rasa tertuju pada daerah Monas, Istana Negara, Gedung MPR/DPR, dan juga Daerah Stadion Gelora Bung Karno.

Dikawasan Monas sendiri, banyak sekali para serikat buruh yang berkumpul untuk melakukan aksi unjuk rasa. Diawalai dengan longmarch dari sekitar Stasiun Gambir menuju daerah Bundaran Patung Kuda dan berkumpul dengan buruh-buruh yang lainnya, hingga berakhir didepan Istana Negara.

Masa-masa buruh yang melakukan aksi unjuk rasanya adalah dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia ( FSPMI), Serikat Pekerja Nasional, dan masih banyak lagi.

Dalam aksi kali ini, terlihat massa buruh sangat tertib dan tidak membuat kerusuhan, meskipun membuat sebagian besar ruas jalan utama di Jakarta macet dan beberapa diantaranya harus ditutup untuk mengantisipasi agar kejadian yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Komentar